my ads

my ads

ADS

Tuesday, January 17, 2012

pengertian narkotika

1.Pengertian Bahaya, Narkoba, dan Remaja
Bahaya
Menurut Kamus Lengkap Bahasa Indonesia karangan Ali Saukah, M.A., bahaya artinya yang ( mungkin ) mendatangkan kecelakaan ( bencana, kesengsaraan, kerugian, dan sebagainya ).
Narkoba
Narkoba menurut pengertian farmakologi medis adalah obat yang dapat menghilangkan rasa nyeri dan dapat menimbulkan penurunan tingkat kesadaran serta mengandung zat adiktif yang dapat menimbulkan kecanduan. Narkoba berasal dari tanaman kokain dan tanaman ganja. Dalam dunia kedokteran, bahan ini diperlukan untuk pengobatan penyakit tertentu, tetapi jika dikonsumsi secara bebas atau berlebihan akan berbahaya. Narkoba pada zaman sekarang ini menjadi masalah diberbagi negara, termasuk Indonesia, mengingat akibat yang ditimbulkan karena penyalahgunaannya dapat membahayakan kehidupan bangsa dan negara.
Remaja
Menurut Kamus Lengkap Bahasa Indonesia karangan Ali Saukah, M.A., remaja dapat diartikan pemuda atau pemudi yang muda belia.

2.Banyak remaja pecandu narkoba karena taraf coba – coba, taraf hiburan, taraf penggunaan secara teratur, dan taraf ketergantungan. Biasanya remaja yang baru memasuki taraf coba – coba langsung terseret sampai ke taraf ketergantungan, karena sifat narkoba yang mempunyai daya menimbulkan ketergantungan yang tinggi.

3.Bahaya narkoba terhadap remaja, antara lain :
Menimbulkan gangguan kesehatan jasmani dan rohani, merusak fungsi organ vital tubuh : otak, jantung, ginjal, hati, dan paru – paru, sampai kepada kematian sia – sia yang tidak patut ditangisi.
Memerlukan biaya yang sangat besar baik untuk membeli narkoba yang harganya sangat mahal, maupun untuk biaya pengobatannya yang juga sangat mahal, sehingga dapat membuat keluarga bangkrut dan menderita.
Menimbulkan gangguan terhadap ketertiban, ketentraman, dan keamanan masyarakat.
Menimbulkan kecelakaan diri yang bersangkutan dengan orang lain.
Perbuatan melanggar hokum yang dapat menyeret pelakunya ke penjara.
Memicu tindakan tidak bermoral, tindakan kekerasan dan tindakan kejahatan.
Menurunkan sampai membunuh semangat belajar adalah perbuatan yang menghancurkan masa depan.
Merusak keimanan dan ketakwaan, membatalkan ibadah agama karena hilangnya akal sehat.

No comments:

Post a Comment